Harga Batubara Dekati US$ 110 per ton, Bagaimana Efek ke Kredit

Batubara

Harga batubara pada akhir Mei 2018 hampir menyentuh US$ 100 per ton. Hal ini berdasarkan data harga batubara Newcastle pada Kamis (31/5) pengiriman Juni 2018 yang naik 1,64% menjadi US$ 108,75.

Menanggapi kenaikan harga batubara ini, Paul Sutaryono, Pengamat Perbankan bilang meskipun harga komoditas batubara mulai membaik lagi, NPL pertambangan masih naik. “NPL pertambangan justru naik dari 6,19% per Februari 2018 menjadi 6,27% di Maret 2018 menurut Statistik Perbankan Indonesia,” kata Paul, Kamis (31/5). Artinya menurut Paul, bank sebaiknya tetap mengerem kredit ke sektor tersebut. Apalagi NPL sudah jauh melewati ambang batas 5%. Kondisi itu membebani cadangan bank sehingga ujungnya menekan modal. Dengan demikian, manajemen risiko kredit wajib lebih ditingkatkan.

Boedi Armanto, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan II OJK bilang saat ini kredit bank terkait tambang dan batubara belum meningkat. “Yang jelas NPL sudah mengalami penurunan,” kata Boedi, Kamis (31/5). Beberapa bankir menanggapi kenaikan harga batubara mendekati US$ 110 per ton.

Bob Tyasika, Direktur Manajemen Risiko BNI mengatakan sampai saat ini bank belum ada rencana untuk menambah eksposure baru untuk batubara. “Ada fasilitas tambahan batubara untuk nasabah yang sudah ada terkait pembangkit listrik,” kata Bob.

Kenaikan harga batubara ini menurut BNI akan berdampak pada meningkatnya kemampuan bayar debitur batubara. Hal ini juga akan berdampak pada perbaikan kualitas aset.

Ke depannya BNI akan terus melakukan review termasuk term and condition untuk memperkuat risk manajemen-nya.

Royke Tumilaar, Direktur Korporasi Bank Mandiri bilang saat ini kredit kepada bisnis batubara masih sangat selektif. “Terutama pada pebisnis yang sudah lama dan manajemennya baik,” kata Royke. Beberapa perusahaan batubara yang menjadi pilihan Bank Mandiri adalah perusahaan yang bisa memanage fluktuasi harga batubara dengan bagus.

Selain itu perusahaan itu diharapkan bisa mengatur cashflow perusahaan sehingga kewajiban utang bisa dipenuhi.

Sumber: Kontan
___
Departemen Pendidikan
HMTP UNISBA 2017/2018

Logo Baru UNISBA<< >>Hasil Fit and Proper Test Cakahim periode 2018/2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.