Holding BUMN Pertambangan Setelah Diresmikan

Images: Adrian Hartanto

Setelah diresmikan, holding BUMN pertambangan dengan PT Inalum (Persero) sebagai induk holding telah menyusun beberapa rencana kegiatan kedepan, salah satunya yaitu mengakuisisi PT Freeport Indonesia dengan menyerap saham yang akan didivestasikan Freeport. 

Menurut Budi Gunadi Sadikin (Dirut Inalum) saat ini pihaknya telah melakukan perjanjian rahasia (non-disclosure agreement) dengan Freeport dan menunjukkan progress yang bagus dan diharapkan Freeport bisa segera menjadi bagian dari holding BUMN pertambangan. Dengan terbentuknya holding ini, aset perseroan yang sebelumnya sekitar Rp21 triliun melesat menjadi Rp88 triliun. Karena itu, serangkaian aksi telah disiapkan selain menyerap saham divestasi Freeport. 

Selain rencana mengakuisisi Freeport, menurut Rini Soemarno (Menteri BUMN) pada keterangan pers, holding industri pertambangan akan terus melakukan akuisisi maupun eksplorasi wilayah penambangan, integrasi, dan hilirisasi. Yang nantinya dalam jangka panjang Holding ini akan masuk ke dalam Fortune 500 global Company. 

Selain serangkaian kegatan usaha diatas, holding yang baru terbentuk ini akan segera melakukan serangkaian aksi korporasi, di antaranya pembangunan pabrik smelter grade alumina di Mempawah, Kalimantan Barat yang memiliki Kapasitasnya hingga 2 juta ton per tahun, pabrik feronikel di Buli, Halmahera Timur yang memiliki kapasitas mencapai 13.500 ton nikel dalam feronikel per tahun, dan pembangunan PLTU di lokasi pabrik hilirisasi bahan tambang hingga 1.000 MW.

Dengan adanya serangkaian rencana kegiatan tersebut, menteri BUMN menyatakan bahwa keberadaan holding industri pertambangan akan memberikan keuntungan yang menyeluruh, bukan hanya bagi perusahaan holding dan anak perusahaan anggota holding, tetapi juga bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Penulis : Villa Della Fonte F.
Sumber : ekbis.sindonews.com dan tambang.co.id

Pengolahan Bahan Galian didalam Al-Qur`an<< >>STUDIUM GENERALE X JAKUN BACK TO CAMPUS: Angkatan 90

Has one comment to “Holding BUMN Pertambangan Setelah Diresmikan”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Yunus Sambuaga - 7 December 2017 Reply

    dari awal di buat pembuatan BUMN sudah direncanakan akan dibuat Holding-holding seperti ini. Mudah-mudahan tidak terganjal birokraksi berbelit-belit

Leave a Reply

Your email address will not be published.