Pengolahan Bahan Galian didalam Al-Qur`an

Sejak diterbitkan UU Minerba no. 4 / 2009 yang mewajibkan para pelaku tambang (Pemegang IUP dan IUPK) untuk meningkatkan nilai tambah dalam pelaksanaan penambangan, pengolahan, pemurnian, serta pemanfaatan tambangnya. 

Peningkatan nilai tambah tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan proses peleburan atau smelting pada bijih tambang seperti pada timah, nikel, emas, perak serta tembaga hingga mencapai tingkat yang baik untuk bahan baku produk.

Pembangunan smelter (fasilitas pengolahan dan pemurnian) berfungsi untuk meningkatkan nilai jual barang tambang bagi perusahaan tambang yang akan mengekspor hasil tambangnya. Dengan meningkatnya harga jual barang tambang tersebut maka akan menaikkan nilai perekonomian di Indonesia. Selain itu dapat meningkatan investor baik dari dalam maupun luar negeri serta membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitarnya.

Taukah miners bahwa proses pengolahan bahan galian pun telah di bahas dalam Al-Qur’an? “… dan Kami telah melunakkan besi padanya. (Yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan….” (QS. Saba’: 10-11).

“… dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi kepada kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah)….” (QS. al-Anbiya’: 79-80). 

Is mining really ready for the future?<< >>Holding BUMN Pertambangan Setelah Diresmikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.